Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang - IRWANSULAIMAN

Monday, December 24

Penyebab Sakit Kepala Bagian Belakang

penyebab sakit kepala bagian belakang

Sakit kepala sangat umum: kebanyakan orang menderita sakit kepala pada suatu saat dalam hidup mereka. Rasa sakit ini biasanya hilang dengan sendirinya (setelah beberapa saat) atau dengan analgesik ringan. Sakit kepala biasanya merupakan ketidaknyamanan ringan dan sementara, tetapi beberapa orang memiliki rasa sakit yang cukup parah untuk menemui dokter.

Anak-anak juga dapat mengalami sakit kepala, beberapa sebelum usia 10 tahun. Penelitian menunjukkan bahwa sebelum pubertas, sakit kepala lebih sering terjadi pada anak laki-laki, tetapi tren ini berbalik setelah pubertas. Wanita dewasa mengalami lebih banyak sakit kepala daripada pria dan nyeri ini sering berhubungan dengan siklus menstruasi. Dengan bertambahnya usia, wanita dan pria biasanya memiliki sakit kepala yang lebih sedikit, dan rasa sakitnya berkurang.

penyebab sakit kepala bagian belakang sebelah kanan bawah


Sakit kepala dapat terjadi dalam berbagai bentuk: sakit kepala karena tegang saraf, sakit kepala migrain, sakit kepala sinus, dan sakit kepala kluster. Dalam kasus yang jarang terjadi, sakit kepala dapat mengindikasikan kondisi yang lebih serius yang memerlukan perhatian medis segera.
Penyebab
Sakit kepala bisa dipicu oleh berbagai faktor. Stres atau ketegangan yang berkepanjangan adalah penyebab paling umum. Ini adalah ketegangan saraf atau sakit kepala helm. Hampir semua orang adalah korban pada satu waktu atau yang lain. Otot-otot kulit kepala, leher dan wajah mengencang dan berkontraksi, menyebabkan kejang dan rasa sakit. Faktor-faktor psikologis seperti kegelisahan, kelelahan (mis. Kelelahan mata), stres (misalnya, konsentrasi yang lama) serta faktor-faktor tertentu seperti ketegangan leher (misalnya sebagai akibat dari sebuah karya diperpanjang di depan

Migrain biasanya lebih intens dan dapat menyebabkan hilangnya fungsi. Penyebab migrain tidak diketahui, tetapi beberapa pemicu telah ditentukan. Ini termasuk perubahan hormon (selama siklus menstruasi atau karena konsumsi kontrasepsi oral), makanan tertentu (misalnya cokelat, keju tua), minuman (misalnya anggur merah, kopi ), aroma yang kuat, kurang tidur, cedera kepala ringan (mis. gegar otak) dan bahkan stres. Tidak jarang orang mengalami sakit kepala campuran yang menggabungkan migrain dan sakit kepala tegang.

Sakit kepala akibat sinusitis lebih jarang daripada yang kita kira. Kadang-kadang terjadi setelah infeksi saluran pernapasan bagian atas, seperti pilek. Selain sakit kepala, orang sering mengeluh hidung tersumbat atau pilek. Sakit kepala sinusitis tergantung pada keberadaan bakteri yang menyerang dan menginfeksi sinus hidung.

Cluster headache lebih jarang terjadi dibandingkan jenis sakit kepala lainnya. Mereka biasanya terjadi pada pria, turun temurun dan muncul dalam hembusan, selama beberapa hari, minggu atau bulan, diikuti oleh periode yang panjang dan tidak menyakitkan yang berlangsung dari beberapa bulan hingga beberapa tahun. Penyebabnya tidak diketahui.

Sakit kepala yang membangkitkan "ice picks" disertai dengan rasa sakit yang hebat selama beberapa detik, terjadi secara tiba-tiba dan sangat lokal. Penyebab pasti dari sakit kepala ini tidak diketahui, tetapi mereka jarang berhubungan dengan masalah kesehatan yang serius.

penyebab sakit kepala bagian belakang sebelah kiri


Gejala dan Komplikasi
Sakit kepala karena tegang saraf biasanya menyebabkan tekanan konstan yang menyebabkan "rasa sakit berdenyut" di seluruh kepala. Dalam kebanyakan kasus, rasa sakit masuk perlahan dan berkonsentrasi ke mata. Perasaan penindasan muncul di dahi atau leher. Rasa sakitnya antara ringan sampai sedang dan tidak memburuk ketika Anda berusaha. Ini dapat bertahan selama berjam-jam atau berhari-hari dan biasanya membaik ketika sumber ketegangan diredakan.

Sakit kepala cluster terjadi dalam "cluster", dan rasa sakit berlangsung antara 15 menit dan 3 jam setiap kali. Mereka biasanya mulai saat tidur, terbatas pada satu sisi kepala (nyeri unilateral) dan bisa sangat intens. Mereka sering disertai dengan gejala-gejala lain pada sisi yang sama seperti sakit kepala, seperti memerahnya mata dan merobek, menurunkan kelopak mata, hidung tersumbat dan pilek.

Intensitas migrain dapat bervariasi dari ringan hingga intens. Mereka sering muncul di satu sisi kepala, tetapi kadang-kadang dapat mencapai keduanya. Fokus, durasi dan intensitas rasa sakit sangat bervariasi dari orang ke orang dan dari waktu ke waktu. Migrain biasanya menyebabkan rasa sakit, yang sering disertai dengan gejala lain seperti mual, muntah, gangguan penglihatan, dan hipersensitif terhadap cahaya, kebisingan dan bau. Serangan migrain dapat bertahan selama beberapa jam atau hari dan berlangsung rata-rata 12 hingga 18 jam. Mereka sering sangat intens dan melemahkan sehingga orang tersebut harus meninggalkan kegiatan normal sehari-hari.

Ada dua jenis migrain: migrain dengan aura dan migrain tanpa aura. Sebelum migrain, beberapa orang melaporkan periode yang disebut "aura", yang berlangsung 10 hingga 30 menit. Selama periode ini, orang mengalami gangguan visual, seperti bintik-bintik buta, kilatan zigzag, dan percikan api yang cerah. Aura biasanya menghilang ketika sakit kepala mulai, tetapi mungkin ada periode tumpang tindih. Kadang-kadang aura tidak diikuti oleh sakit kepala, tetapi lebih umum bahwa tidak ada aura yang mendahului sakit kepala.

Meskipun sakit kepala terkadang menyakitkan dan melumpuhkan, biasanya tidak disebabkan oleh masalah medis serius. Namun, kadang-kadang, sakit kepala menunjukkan gangguan yang lebih serius. Tekanan darah sangat tinggi (lebih dari 180/110 mmHg), stroke, adanya tumor otak atau aneurisma otak (titik lemah di dinding pembuluh darah) dapat menyebabkan sakit kepala. Meningitis (infeksi pada membran otak) juga dapat menyebabkan sakit kepala, terutama jika muncul tiba-tiba dan disertai dengan demam, leher kaku, dan gangguan penglihatan (kehilangan penglihatan) .

penyebab sakit kepala bagian belakang sebelah kanan


Penting untuk menerima perawatan medis darurat ketika sakit kepala:

  • muncul tiba-tiba dan sangat intens;
  • bangunkan orang yang menderita atau memburuk ketika mereka berbaring;
  • disertai dengan kejang-kejang, gangguan psikologis dan kehilangan kesadaran;
  • memiliki cacat fungsional neurologis (misalnya, kehilangan keseimbangan, kelemahan, mati rasa, atau kesulitan bicara) dan kehilangan penglihatan (yang mungkin mengindikasikan kecelakaan serebrovaskular) );
  • mengalami mual dan muntah persisten atau perubahan penglihatan
  • memburuk selama beberapa hari atau minggu;
  • menonjol dari sakit kepala yang biasa;
  • berhubungan dengan demam atau leher kaku (yang mungkin mengindikasikan meningitis)
  • terjadi untuk pertama kalinya pada orang berusia 40 atau lebih;
  • diagnosa

Ketika sakit kepala sering dan intens, dokter melakukan pemeriksaan untuk kondisi serius yang mengancam jiwa (misalnya, stroke, meningitis) dan memulai perawatan darurat sesuai kebutuhan. . Selain itu, ketika seseorang dengan sakit kepala sering memperhatikan adanya perubahan sifat sakit kepala ini, yang terbaik adalah berkonsultasi dengan dokter.

Secara umum, riwayat pasien dan pemeriksaan fisik rinci dapat mendiagnosis jenis sakit kepala. Catat frekuensi dan intensitas sakit kepala, yang mungkin telah memicu mereka dan obat yang diminum dapat membantu dokter Anda membuat diagnosis. Karena sakit kepala karena tegang saraf sangat umum, dokter mencatat riwayat pasien dan mengajukan pertanyaan tentang tingkat stres dan faktor pribadi lainnya (misalnya pekerjaan) yang dapat memicu sakit kepala. Tergantung pada tempat duduk, durasi, dan gejala terkait, dokter dapat menentukan jenis sakit kepala yang terlibat.

Dalam beberapa kasus, tomografi komputer atau sistem pencitraan resonansi magnetik dapat dilakukan untuk menghilangkan penyebab serius yang dapat menyebabkan sakit kepala.

penyebab sakit kepala bagian belakang kiri


Perawatan dan Pencegahan
Karena sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan disebabkan oleh berbagai faktor seperti ketegangan leher, stres, dan kecemasan, perawatan memerlukan, sebanyak mungkin, penghapusan situasi yang membuat stres. Mengambil penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti acetaminophen *, ibuprofen, atau naproxen, dan mencari cara untuk bersantai, beristirahat, menyesuaikan postur, dan berolahraga secara teratur dapat membantu meringankan dan mencegah sakit kepala.

Sakit kepala cluster bereaksi buruk terhadap obat-obatan yang dijual bebas. Perawatan oksigen dan obat resep dapat membantu.

Sakit kepala yang berkaitan dengan sinusitis akut biasanya memerlukan antibiotik atau perawatan lain untuk menghilangkan infeksi. Setelah infeksi terkendali, sakit kepala hilang. Selama perawatan, obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas dapat membantu meringankan rasa sakit.

Migrain dapat diobati dengan penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti acetaminophen atau ibuprofen ketika sakit kepala ringan.

Jika sakit kepala lebih parah, resep obat yang lebih kuat mungkin diperlukan. Ini dapat menjadi bagian dari perawatan darurat  atau   perawatan pencegahan . Perawatan pencegahan digunakan untuk mencegah sakit kepala menjadi lebih buruk dan mengurangi rasa sakit. Ini termasuk NSAID, agonis serotonin yang disebut "triptan" (misalnya sumatriptan, zolmitriptan) dan turunan ergot (misalnya ergotamin). Perawatan darurat tidak boleh digunakan lebih dari 10 hingga 15 hari per bulan tergantung pada obatnya. Jika digunakan lebih sering, mereka dapat menyebabkan sakit kepala yang disebut sakit kepala medial atau sakit kepala kembali. 

Jika Anda menggunakan perawatan darurat selama lebih dari 10 hingga 15 hari dalam sebulan atau jika sakit kepala Anda parah dan menyebabkan hilangnya fungsi, dokter Anda dapat merekomendasikan perawatan pencegahan untuk penggunaan rutin. Tujuan dari perawatan ini adalah untuk mengurangi jumlah sakit kepala. Pilihan terapi pencegahan termasuk penghambat beta, antidepresan, penghambat saluran kalsium dan antikonvulsan.

Toksin botulinum (misalnya Botox) kadang-kadang digunakan pada orang dengan migrain kronis (terjadi lebih dari 15 hari sebulan) untuk membantu mengurangi frekuensi dan intensitas sakit kepala mereka.

Comments


EmoticonEmoticon