Attribut Link Rel NoFollow - IRWANSULAIMAN

Wednesday, April 18

Attribut Link Rel NoFollow

Baru baru ini blogger telah menyediakan fitur menyisipkan link dengan attribut rel nofollow, untuk kenyamanan dalam pengeditan url yang ingin di sisipkan di dalam postingan.  Tanpa harus repot repot lagi untuk mengedit link, apa sih yang di maksud dengan attribut  rel nofollow, oke bagi sobat yang belum mengetahui apa itu attribut rel no follow, adalah atribute untuk memberi tahu pada mesin telusur agar jangan mengikuti tautan dari halaman ini atau jangan mengikuti tautan khusus ini.
Berikut ini kutipan tentang rel no follow        support.google.com/webmasters/bin/answer                                 Pada awalnya, atribut nofollow muncul di tag meta tingkat laman, dan memerintahkan mesin telusur agar tidak mengikuti (dalam hal ini., merayapi) tiap tautan keluar pada laman tersebut. Misalnya:
<meta name="robots" content="nofollow" />
Sebelum nofollow digunakan pada tautan individual, mencegah robot agar tidak mengikuti tautan individual pada sebuah laman memerlukan kerja keras (misalnya, mengarahkan ulang tautan ke URL yang diblok dalam robots.txt). Inilah alasan sehingga nilai atribut nofollow dari atribut rel dibuat. Ini mempermudah webmaster dalam melakukan kontrol: tidak lagi memberitahu mesin telusur dan bot agar tidak mengikuti setiap tautan pada laman tersebut, tetapi membuat Anda dengan mudah memerintahkan robot agar tidak merayapi tautan tertentu. Misalnya:
<a href="link yang tidak ingin ditelusuri" rel="nofollow">judul link</a>
Bagaimana Google menangani tautan nofollow?                                                                              Google tidak mengikuti tautan tersebut. Artinya, Google tidak memindahkan Peringkat Laman atau menempatkan teks pada tautan-tautan ini. Pada dasarnya, penggunaan nofollow membuat kami membuang tautan target dari grafik web kami secara keseluruhan. Akan tetapi, laman-laman target masih dapat muncul dalam indeks kami jika situs-situs lain menautkannya tanpa menggunakan nofollow, atau jika URL dikirim ke Google di dalam Peta Situs. Penting juga untuk diperhatikan bahwa mesin telusur lain dapat menangani nofollow dengan cara yang sedikit berbeda.                                                                                                Apa kebijakan dan contoh khusus Google tentang penggunaan nofollow?
Berikut adalah beberapa kasus yang mungkin dapat Anda pertimbangkan untuk menggunakan nofollow:
  • Isi tidak dapat dipercaya: Jika Anda tidak dapat atau tidak ingin mempercayai isi dari laman-laman yang Anda tautkan dari situs Anda - misalnya, komentar pengguna atau entri buku tamu yang tidak dapat dipercaya - Anda dapat menerapkan nofollow pada tautan tersebut. Ini dapat membuat segan spammer sehingga tidak menargetkan situs Anda, dan akan membantu menjaga situs Anda sehingga tidak masuk Peringkat Laman sebagai tetangga yang buruk di web. Secara khusus, spammer komentar bisa memutuskan untuk tidak menargetkan sistem manajemen isi khusus atau layanan blog jika mereka bisa melihat bahwa tautan yang tidak dapat dipercaya sudah menggunakan nofollow. Jika Anda ingin memberikan pengakuan dan penghargaan kepada kontributor yang dapat dipercaya, Anda dapat menentukan untuk menghapus atribut nofollow secara otomatis atau manual pada tautan-tautan yang dibuat oleh anggota atau pengguna yang secara konsisten memberikan kontribusi berkualitas tinggi selama ini.
  • Tautan berbayar: Peringkat sebuah situs dalam hasil telusur Google sebagian didasarkan pada analisis terhadap situs-situs yang tertaut ke peringkat. Untuk mencegah agar tautan berbayar tidak mempengaruhi hasil telusur dan berpengaruh negatif pada pengguna, kami meminta webmaster agar menggunakan nofollow pada tautan-tautan seperti itu. Pedoman mesin telusur mensyaratkan pengungkapan tautan berbayar yang terbaca mesin dengan cara sama seperti yang digunakan pelanggan online dan offline menghargai pengungkapan hubungan berbayar (misalnya, iklan surat kabar satu halaman penuh dapat diberi judul dengan kata "Iklan").
  • Prioritas perayapan: Robot mesin telusur tidak dapat masuk atau mendaftar sebagai anggota forum Anda, jadi tidak ada alasan untuk mengundang Googlebot agar mengikuti tautan "daftar di sini" atau "masuk". Menggunakan nofollow pada tautan-tautan ini memungkinkan Googlebot merayapi laman-laman lain yang ingin Anda lihat di indeks Google. Namun, arsitektur informasi yang solid - navigasi intuitif, URL yang ramah pengguna dan mesin telusur, dan sebagainya- tampaknya akan jauh lebih produktif dalam penggunaan sumberdaya dibandingkan dengan fokus pada prioritas perayapan via tautan dengan atribut nofollow.
Comments


EmoticonEmoticon